Dinas Pendidikan Kabupaten Lima Puluh Kota

Galeri Video

Agenda

Polling

Bagaimana Pelayanan Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota Secara umum menurut anda?
  SANGAT BAIK
  BAIK
  Cukup
  Kurang
  Buruk

Pendidikan

REKOR PENDATAAN PAUD

Jumat, 16 Oktober 2015 - 15:02:25 WIB | dibaca: 1416 pembaca

Senin,(1/10) Aula Gd.B Dinas Pendidikan Kota Semarang. Kegiatan rapat koordinasi pendataan dapodik PAUD-Dikmas berlangsung dua hari, Kamis-Jum’at 1-2 Oktober 2015 dimulai jam 08.00 WIB sampai selesai. Hari ini,koordinasi dipimpin langsung oleh Kepala Bidang PNFI (Wahyudi Harso,SH.,MH), didampingi Kasi PAUD (Ahmat Juri,S.Pd.M.Si), Kasi Data dan Informasi (Dra.Hetty Hidayati) beserta staf PNFI dan Staf Data-Informasi sebagai narasumber. Peserta diikuti operator dapodik PAUD-Dikmas UPTD Pendidikan 16 Kecamatan.

Dalam koordinasinya Kepala bidang PNFI (Wahyudi Harso,SH.,MH) menyampaikan,  akurasi data pendidikan yang dimiliki oleh setiap unit kerja menjadi utama dan setiap satuan  kerja (satker) di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Semarang yang menjadi  perhatian utama Pemerintah Kota Semarang. Hal ini terkait dengan tingginya harapan masyarakat pada keberadaan lembaga  pendidikan yang murah, terjangkau, berkualitas, relevan, setara, dan merata di wilyah Kota Semarang. Dengan demikian, sistem pendataan yang berkualitas menjadi salah satu perhatian utama Pemerintah Kota Semarang. Setiap pengelolaan dan pengembangan program pendidikan yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan harus didukung dengan data yang akurat, sehingga dapat diimplementasikan secara lebih jelas, transparan dan tepat sasaran terbentuklah data akurat yang akuntable. Pesannya (Wahyudi Harso,SH.MH) “teman-teman operator yang berada di wilayah UPTD Pendidikan Kecamatan adalah sebagai tangan panjang Dinas Pendidikan Kota artinya sebagai rangkaian, rantai yang kuat, erat, untuk menghimpun data yang real, akurat dan akuntable sehinggga terbentuklah data yang bisa digunakan untuk semua program dan acuan kegiatan Pemerintah Kota Semarang dalam layanan pendidikan. Contohnya tidak adanya NPSN ganda harus segera divalidasi, NUPTK yang terverifikasi dengan baik sesuai juknis dan regulasinya.

Selanjutnya Kasi data dan Informasi (Dra.Hetty Hidayati) juga menjelaskan dalam koordinasinya, Harapan Dinas Pendidikan, dalam layanan pendataan di Kota Semarang untuk membentuk Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) online yang diakomodasi aplikasi pusat berbasis teknologi informasi tdak ada data yang tertinggal dan tidak terfasilitasi. Hal ini sangat penting untuk dapat meningkatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan misi dan kerangka strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu: “Terbentuknya insan serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan dilandasi semangat gotong-royong”. Dengan adanya sistem DAPODIK PAUD-Dikmas ini diharapkan data yang terkumpul dapat dijadikan satu-satunya sumber (acuan) terkait dengan harapan pendataan dilingkungan Dinas Pendidikan Kota Semarang dalam layanan online berbasis teknologi informasi baik (Nomor Pokok Sekolah/Satuan Pendidikan Nasional) NPSN, Nomer Induk Siswa Nasional (NISN), Nomer Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). Hal ini sangat penting diantaranya dukungan Dinas Pendidikan kususnya Pemerintah Kota semarang dalam meningkatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan misi dan kerangka strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu: “Terbentuknya insan serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan dilandasi semangat gotong-royong”.

Kemudian Kasi PAUD (Ahmat Juri,S.Pd.,M.Si) dalam penyampaiannya "layanan pendidikan bagi anak usia dini (3-6) tahun dalam bentuk taman kanak-kanak, kelompok bermain, taman penitipan anak, dan satuan PAUD sejenis lainnya. Pendidikan Masyarakat (DIKMAS) adalah layanan pendidikan bagi masyarakat usia 15 tahun keatas dalam bentuk kursus dan pelatihan, pendidikan kesetaraan, pendidikan keaksaraan, pendidikan pemberdayaan perempuan, pengarusutamaan gender, pendidikan keayahbundaan yang dilaksanakan oleh PKBM, TBM, Rumah Pintar, kelompok belajar dan satuan pendidikan nonformal lainnya adalah data yang harus valid, real kemudian diakomodasi menjadi bank data PAUD-Dikmas sebagai acuan layanan pendidikan untuk mencerdaskan anak bangsa menuju sejahtera".

Kegiatan berlangsung dua hari, menurut scedule hari kedua diisi implementasi penggunaan aplikasi dapodik paud dikmas versi patch_dapopaudni_1.1.3 dan yang terbaru untuk menghimpun/menyusun data layanan pendidikan paud-dikmas yang ada di Kota Semarang melalui tangan panjang operator di masing-masing UPTD Pendidikan Kecamatan. Instruktur pendataan dibantu oleh staf data dan informasi (Viveno Susilo,SE) dan staf PAUD (Agus Warjito,S.Pd).

- See more at: http://disdik.semarangkota.go.id/v15/main/read/6/pnfi/92/rakor-pendataan-dapodik-paud-dikmas-2015#sthash.RkAAc6S6.dpuf




Statistik

Pengunjung hari ini: 26
Total pengunjung: 8097
Hits hari ini: 70
Total Hits: 21963
Pengunjung Online: 1

Banner

Saran

Untitled Document