Dinas Pendidikan Kabupaten Lima Puluh Kota

Galeri Video

Agenda

Polling

Bagaimana Pelayanan Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota Secara umum menurut anda?
  SANGAT BAIK
  BAIK
  Cukup
  Kurang
  Buruk

Pendidikan

Sukseskan UN

Jumat, 10 April 2015 - 10:43:31 WIB | dibaca: 1390 pembaca

Ujian Nasional (UN) segera tiba sudah siapkah Anda? Sejauh mana kita mempersiapkan anak didik kita untuk melintasi masa sebentar ini. Yang mana UN Juga merupakan penentu harapan masuk di sekolah yang lebih lanjut. Mekipun hasil UN bukan merupakan indicator keberhasilan manusia dalam menghadapi hidup, namun UN di dunia pendidikan Indonesia masih menjadi acuan kualitas suatu sekolah.


Sudah jelas, jika ingin berhasil dalam suatu misi. Kiat-kiat untuk mencapai target maksimal harus kita rencanakan, dirumuskan, dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Sukses UN bukan hanya untuk siswa, tapi juga guru, sekolah, dan masyarakat. Untuk itu kiat-kiat sukses bisa berhubungan dengan siswa, guru, orang tua, dan masyarakat. Kali ini kami aka menjelaskan kiat sukses untuk guru agar mengantarkan kesuksesan siswa di UN 2013.



Miliki Kisi-Kisi

  


Pembuatan soal UN tidak asal comot, tapi sudah ada rambu-rambu yang ditetapkan oleh pemerintah. Rambu-rambu ini dikemas dengan nama Kisi-Kisi UN 2013, baik untuk SD, SMP, dan SMA sudah bisa anda dapatkan. Khusus untuk  kisi-kisi soal UN untuk jenjang sekolah dasar, serta kisi-kisi soal UN untuk jenjang sekolah menengah pertama dan atas.


klik untuk download dalam bentuk pdf.


Kisi-kisi Soal UN untuk SD

Kisi-kisi Soal UN untuk SMP, SMK & SMA

Dengan kisi-kisi ini guru sudah bisa mengatur peta kekuatan, strategi, dan langkah-langkah yang tepat dalam menghadapi soal UN.



Kumpulkan Materi Yang Relevan

  
Dengan kisi-kisi itu, kita cari materi yang relevan. Cari materi yang sederhana hingga di atas tingkatan rata-rata kurikulum. Untuk sementara materi yang tidak sesuai dengan kisi-kisi kita tinggal. Materi tidak harus berasal dari satu buku, materi juga bisa kita dapatkan dari media internet.



Buatlah rangkuman, kesimpulan-kesimpulan serta peta konsep yang membuat siswa mudah memahami dan menyederhanakan materi.



Buatlah Prediksi Soal Sebayak Mungkin

  
Dengan materi yang relevan kita buat menjadi bentuk-bentuk soal yang sesuai kisi-kisi. Mulai nomor soal hingga redaksi kalimat soal kita buat sesuai kisi-kisi. Kumpulkan soal-soal UN tahun sebelumnya, ambil soal-soal yang menurut anda akan keluar pada UN 2012. Minimal 5 tahun yang lalu anda harus tahu bentuk-bentuk soalnya. Semakin banyak anda membuat prediksi soal, semakin besar peluang soal anda akan keluar di UN 2013 nanti.



Buat Agenda Try Out

  
Kegiatan try out sangat bermanfaat sekali bagi anak didik kita. Dengan try out kita mengetahui sejauh mana keberhasilan proses pembelajaran. Tryout juga mampu melatih siswa mengisji LJK dengan benar, tryout bisa membuat anak-anak siap secara fisik dan mental.



Buatkan jadwal khusus untuk tryout mandiri dan try out yang dilaksanakan di luar. Semakin banyak mengikuti try out, maka saat UN nanti anak-anak sudah menjadi biasa.



Bentuk Tim Sukses Un 2013

  
Tim bisa berasal dari satu sekolah atau tambah bagus dari KKG/PKG guslah maupun kecamatan. Dengan semakin banyaknya guru yang berperan serta, maka semakin ringan beban kita dan semakin besar harapan untuk berhasil. Dengan tim ini kita bisa memaksimalkan di kegiatan merumuskan materi, pembuatan soal prediksi, bahkan sampai kegiatan tryout bersama yang berulang dilaksanakan.



Datangkan Kekuatan Terbesar Anda

  
Tahukah apa kekuatan terbesar untuk menghadapai UN? Do’a guru. Benar, do’a guru yang ikhlas untuk siswa-siswinya membuat keajaiban akan terjadi. Menjadikan siswa yang loyo menjadikan semangat. Menjadikan siswa lebih mengerti arti tujuan belajara sebenarnya. Setiap saat dan setiap waktu guru harus bisa mendo’akan siswanya.



Tambah dahsyat jika anda mengajak anak-anak secara rutin sholat duha dan puasa sunah senin kami untuk bersama-sama mendekatkan diri kepada Allah. Pasti hasilya lebih luar biasa.



Semua Mendukung

  
Jadikan suasana sekolah, suasana rumah, dan masyarakat mendukung keberhasilan kita. Suruh anak-anak meminta Do’a kepada seluruh guru, adik kelas, orang tua, dan orang yang mereka kenal. Setiap siswa mencatat daftar nama yang mereka minati do’a. bagi siswa yang mendapatkan do’a terbanyak berilah reaward. Pasang juga sepanduk atau baliho untuk dukungan do’a dan peran serta seluruh masyarakat.



Building Reaport

  
Bagun kedekatan anda dengan siswa-siswi. Semakin dekat, semakin bagus. Bangun kebersamaan yang sehat. Sesekali ajak mereka ke alam, bisa dikemas out bound, tadabur alam, atau sekedar jalan-jalan dengan bersepeda. Masukkan semangat dan dukungan anda akan keberhasilan mereka. Percayalah pada mereka akan keberhasilannya. Dan ajari mereka kejujuran dalam UN nanti. Allah pasti membantu.

 

Courtesy : http://jiwapengusahamuda.blogspot.com/




    Statistik

    Pengunjung hari ini: 26
    Total pengunjung: 8097
    Hits hari ini: 72
    Total Hits: 21965
    Pengunjung Online: 1

    Banner

    Saran

    Untitled Document